Home » » Beasiswa D2, D3, S1 ke Jepang 2015 (Full)

Beasiswa D2, D3, S1 ke Jepang 2015 (Full)

Monbukagakusho belakangan ini semakin populer. Ya, beasiswa Pemerintah Jepang tersebut menyediakan berbagai jenis beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa di Tanah Air. Tidak hanya level pascasarjana, tapi juga beasiswa diploma, sarjana, hingga training. Salah satunya beasiswa yang ditujukan bagi lulusan SLTA/sederajat ini.


Monbukagakusho belakangan ini semakin populer. Ya, beasiswa Pemerintah Jepang tersebut menyediakan berbagai jenis beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa di Tanah Air. Tidak hanya level pascasarjana, tapi juga beasiswa diploma, sarjana, hingga training. Salah satunya beasiswa yang ditujukan bagi lulusan SLTA/sederajat ini.

Melalui kedutaan besarnya di Indonesia, Jepang menyediakan beasiswa D2, D3, hingga S1 bagi lulusan STLA. Beasiswa keberangkatan 2015 ini ditawarkan untuk berbagai program studi di universitas atau perguruan tinggi di Jepang. Sejumlah fasilitas disediakan jika pelamar berhasil terpilih.

Bantuan beasiswa di antaranya terdiri dari biaya kuliah yang ditanggung 100 persen, tiket pesawat pp Indonesia-Jepang, serta tunjangan bulanan ¥117.000 (sekitar Rp 13 juta). Menariknya, pelamar yang terpilih juga tidak perlu menjalani ikatan dinas setelah menyelesaikan studi dengan beasiswa ini.

Jika mengambil gelar S1, Anda akan menjalani studi di universitas, D3 di college of technology, dan D2 di specialized training college. Rinciannya:

Undergraduate (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).

Syarat:    
Lulusan SLTA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara 2 April 1993 sampai dengan 1 April 1998. Bagi pelamar yang memilih jurusan S-1 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT). Pelamar SLTA jurusan IPS tidak bisa mendaftar IPA, pelamar SLTA jurusan IPA bisa mendaftar IPS atau IPA.

Materi ujian tertulis:
IPS       : Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
IPA-a    : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
IPA-b,c : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
     
Pilihan jurusan:
IPS:    
Laws, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, Economics, Business Administration, and others.

IPA-a:    
Science (Mathematics, Physics, Chemistry); Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering); Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture); Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering); Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering); and other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology)

IPA-b:    
Agricultural Studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries); Hygienic Studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing); Science (Biology)

IPA-c:    
Medicine; Dentistry

College of Technology (D-3)
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SLTP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).
     
Syarat:    
Lulusan SLTA dan sederajat, jurusan IPA saja; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1993 sampai dengan tgl. 1 April 1998
     
Materi ujian tertulis:
Matematika dan Kimia/ Fisika (sesuai dengan kategori jurusan seperti tertulis di bawah)
     
Pilihan jurusan:
Kimia: Jurusan yang terkait pada bidang kimia seperti “Materials Engineering” dll.

Fisika: Jurusan lain seperti “Mechanical Engineering”, “Electrical and Electronic Engineering”, “Information, Communication, and Network Engineering”, “Architecture and Civil Engineering”, Maritime Engineering” dll.

Specialized Training College (D-2)
Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.
     
Syarat:    
Lulusan SLTA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1993 sampai dengan tgl. 1 April 1998. Bagi pelamar yang memilih jurusan D-2 IPS, bisa juga mendaftar dengan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).
     
Materi ujian tertulis:
Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
     
Pilihan jurusan:
IPA:
Civil Engineering and Architecture; Electrical and Electronic Engineering; Wireless Communication; Computer; Information Processing.
IPS :    
Nourishment; Cooking; Nursery Teacher Training; Nursing Welfare; Social Welfare; Management; Travel; Bussiness; Harmony Dressmaking; Music; Art; Design; Photograph; dll

Catatan:
1. Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB/Internasional), nilai akan disetarakan sesuai di atas. Maka bagi pelamar dengan latar sekolah sistem Internasional, diharap menyertakan rapor dari semester awal hingga akhir.
2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
3. Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.

Pendaftaran: 
Jika memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa mengajukan pendaftaran dengan beberapa langkah. Pertama, mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan (menggunakan bahasa Jepang atau Inggris). Kedua, melakukan registrasi online di sini, lalu cetak/print out konfirmasi registrasi online yang berisi (Kode Registrasi) yang dikirimkan ke email pelamar.

Langkah ketiga, siapkan dokumen yang diperlukan berikut (1 rangkap):
1. Formulir aplikasi yang sudah diisi *wajib*
2. Lembar printout konfirmasi registrasi online yang berisi [Kode Registrasi] *wajib*
3. Fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
4. Fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
5. Fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yang ada*

Dokumen tersebut dikirim via pos atau antar langsung ke:

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350

(Cantumkan nomor registrasi pada Kanan Atas Amplop)

Formulir aplikasi bisa Anda unduh di sini.

Jadwal pendaftaran: 
Tahap I : Bagi pelamar lulusan tahun 2013 dan tahun sebelumnya. (Tidak untuk lulusan tahun 2014). Pendaftaran pada 5 Mei 2014 - 21 Mei 2014.

Tahap II : Bagi pelamar lulusan tahun 2014 saja. (Tidak untuk lulusan tahun 2013 dan tahun sebelumnya). Pendaftaran mulai 26 Mei 2014 - 11 Juni 2014.

Harap diingat, dokumen yang dikirim sudah harus diterima sebelum berakhirnya deadline. Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di website Kedutaan Jepang pada 1 Juli 2014.
- See more at: http://www.beasiswapascasarjana.com/2014/05/ini-beasiswa-d2-d3-s1-ke-jepang-2015.html#sthash.GoBGX0EV.dpuf

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Muhammad Iqbal M | Mas Template
Copyright © 2013. Writer Contest - All Rights Reserved
Template Created by Alvaro Alano Published by Mas Template
Powered by Blogger